Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin Menjadi Berkat

Saat ini kita masih menghadapi tantangan yang mengharuskan beradaptasi dengan situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)Corona Virus Disease-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan (droplet) dari penderita yang bersin atau batuk dan kontak erat dengan penderita atau kontak dengan permukaan dan benda yang terkontaminasi. Covid-19 masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut lewat tangan yang terkontaminasi virus.

Masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru/cluster pada tempat-tempat dimana terjadinya pergerakan orang, interaksi antar manusia dan berkumpulnya banyak orang. Masyarakat harus dapat beraktivitas kembali dalam situasi pandemi COVID-19 dengan beradaptasi pada kebiasaan baru yang lebih sehat, lebih bersih, dan lebih taat, yang dilaksanakan oleh seluruh komponen yang ada di masyarakat serta memberdayakan semua sumber daya yang ada. Peran masyarakat untuk dapat memutus mata rantai penularan COVID-19(risiko tertular dan menularkan) harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan melalui perlindungan kesehatan individu dan perlindungan kesehatan masyarakat.

Melalui Talk Show ini DPH melalui Seksi Kesehatan, Seski Kepemudaan, Seksi Pelatihan dan Pengkaderan dan Seski Komsos bersinergi mengadakan acara ini dengan tujuan melakukan implementasi dari Tema Tahun Refleksi Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenal virus covid-19, cara penularan virus, gejala – gejala yang dirasakan oleh orang yang sudah terpapar, dan cara pencegahan virus corona.

Dengan kegiatan ini diharapkan umat Paroki Cijantung dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan melakukan protokol kesehatan dengan pola 5M yaitu :
1) Memakai Masker minimal 2 lapis
2) Mencuci tangan memakai sabun dan air bersih yang mengalir
3) Menjaga jarak
4) Menjauhi kerumunan, serta
5) Membatasi mobilisasi dan interaksi

Kegiatan ini dilakukan secara online menggunakan 2 media yaitu Youtube (https://youtu.be/gjxDZIy6v04) dan Zoom Meeting. Kehadiran umat melebih 100 peserta dan dialog tanya jawab dengan para nara sumber. Kegiatan ini akan dilanjutkan untuk tetap memberikan edukasi dan informasi kepada umat bukan saja untuk Pandemik Covid-19 namun bisa juga dengan informasi tentang waspada banjir dan Demam Berdarah.

Tuhan Yesus Memberkati. Amin