Lembaga Bantuan Hukum

YKBH Sarnelli merupakan bentuk pelayanan pastoral dalam bidang hukum dan hak asasi manusia serta lingkungan hidup. Bidang yang dilayani adalah berbagai permasalahan hukum, keadilan dan social ekonomi dalam masyarakat serta lingkungan hidup. Pelayanan dilakukan dalam bentuk konsultasi, pembinaan serta pendampingan masyarakat secara langsung.

Pelayanan pastoral ini merupakan kelanjutan dari pelayanan Keadilan dan Perdamaian (dikenal JP) yang dirintis oleh almarhum RP. Moses Beding CSsR. Sejak Tahun 2009, RP. Paulus Dwiyaminarta CSsR membuka pelayanan pastoral sosial hukum dengan fokus penyelesaian sengketa hukum untuk masyarakat di Pulau Sumba. Pelayanan ini merupakan bagian dari pelayanan yang telah dijalankan sejak 2005 di Bekasi dan Jakarta. Bentuk badan merupakan Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum Sarnelli (LKBH Sarnelli).

Seiring dengan perkembangan dan cakupan pelayanan yang makin meluas, LKBH Sarnelli membaharui diri secara kelembagaan menjadi Yayasan Kajian dan Bantuan Hukum Sarnelli. Peningkatan menjadi badan hukum berbentuk Yayasan ini temata-mata untuk memperkokoh pelayanan kepada masyarakat luas. Sebagai Yayasan, Sarnelli tetap akan menjalankan prinsip kerja self-funding. Sarnelli memiliki keyakinan bahwa perbuatan baik akan selalu mendapatkan jalan dan pasti akan terlaksana dengan baik.

Sejak tahun 2017, Sarnelli juga menambah sertifikasi lagi dalam bidang pendampingan terhadap perilaku menyimpang, yang dalam hal ini adalah kecanduan atau adiksi dalam berbagai bentuknya. Mulai dari rokok, judi, alkohol dan narkoba serta adiksi lainnya. Rokok, judi dan alkohol merupakan bentuk adiksi terbanyak di wilayah Pulau Sumba.

Selama tahun 2018, telah dilayani masyarakat yang menghadapi berbagai permasalahan hukum. Setidaknya 48 jenis permasalahan masyarakat mulai dari konflik lahan, adat, lingkungan hidup, dan korban pelanggaran hak asasi manusia serta kekerasan yang dilakukan oleh aparat negara dan kelompok mayoritas masyarakat. Artinya telah dilayani lebih dari 250 orang serta dua pelanggaran hak asasi berat yang diduga kuat dilakukan oleh aparat penegak hukum.

Selain itu, Sarnelli merapatkan barisan dengan lembaga dan CSO lainnya, memerangi perdagangan orang ke Zero Human Trafficking Network. Suatu gerakan untuk menghentikan praktek-praktek perdagangan orang dan pekerja migran yang tidak berdokumen.

Sedangkan kelompok yang didampingi adalah kelompok tani, unit usaha teknik dan koperasi serba usaha. Kelompok-kelompok dibentuk oleh masyarakat pedesaan, yang bercita-cita menjadikan diri mereka sebagai manusia yang utuh dan hidup dalam kebersamaan dengan alam. Melalui YKBH Sarnelli, kelompok-kelompok ini dibantu dan didorong untuk senantiasa menjadikan anggota kelompok sebagai subyek yang bersama-sama bercita-cita menuju masyarakat yang lebih baik.

Sarnelli juga mengembangkan pendidikan hak asasi manusia melalui berbagai kegiatan dan program. Salah satu diantaranya melalui pendampingan anak usia dini lewat PAUD Sarnelli. Serta kelompok diskusi, seni Sumba dan berbagi kegiatan literasi lainnya.

Nama Sarnelli dipilih karena pelayanan pastoral sosial hukum ini bersumber pada semangat Beato Yanuarius Sarnelli (12 September 1702-30 Juni 1742). Seorang advokat dan imam Redemptoris dari Napoli. Ia giat melakukan advokasi untuk masyarakat miskin dan gelandangan pada masanya. Pendekatan Sarnelli adalah spiritual-yuridis. Ia telah memberi inspirasi pada gerakan sosial di Thailand, Manila, dan berbagai tempat lainnya.

‘propter veritatem et mansuetudinem et justitiam” yang artinya “demi kebenaran dan peri kemanusiaan serta Keadilan” (Mzm 45:5) adalah Moto YKBH Sarnelli. Pedoman pastoral sosial hukum yang selalu dipegang.

Alamat kami:

YKBH SARNELLI
Jalan Adhyaksa KM 6 Weesake
Waikabubak 87284 Sumba Barat, NTT
Tel. +62 387 2525280
Mob.+62 811 265 0629
Email: sekretaris.sarnelli@lkbhsarnelli.org
www.lkbhsarnelli.org
facebook: LKBH Sarnelli

JAM KANTOR: 08.30 – 16.00 Senin – Jumat
Hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional Kantor tutup. Di luar jam kantor harus dengan perjanjian terlebih dahulu.

BANTUAN HUKUM – KONSULTASI HUKUM
SMS/WhatsApp 0811 265 0629