Novisiat CSsR Wanno Gaspar

Komunitas Novisiat merupakan tempat pembinaan para calon Imam dan Bruder dalam Kongregasi Redemptoris setelah mereka melewati tahun postulat di Padadita Waingapu. Lama masa Novisiat sesuai dengan ketentuan Kitab Hukum Kanonik (KHK 648) adalah 12 bulan (1 tahun). Di sini para Novis belajar untuk memahami panggilan ilahi, mengenal dan mengalami cara hidup dan kharisma Kongregasi Redemptoris, memupuk hidup rohani, serta membentuk budi dan hati mereka agar terbuktilah niat serta kecakapan mereka (Bdk. KHK 646). Selama masa Novisiat para novis didampingi oleh Magister dan Socius agar rahmat panggilan mereka berkembang dan mulai menampakkan buahnya.

Periode ini merupakan periode penting untuk meletakkan dasar pemahaman semangat dan kharisma St Alfonsus bapa pendiri Kongregasi Redemptoris lewat berbagai macam hal kegiatan seperti tertulis di atas: latihan rohani, eksperimen-eksperimen, ratio conscientiae, bimbingan rohani dan interaksi dengan sesama novis serta anggota komunitas lainnya. Selain itu para novis, mereka yang sedang berada dalam tahap novisiat, juga mendapatkan beberapa hal yang berkaitan dengan sejarah Kongregasi Redemptoris, pengantar kitab suci dan Pembinaan Iman anak yang berada di sekitar Novisiat.

Syukur kepada Allah, karena panggilan-Nya ditanggapi oleh banyak anak muda zaman sekarang. Akhir-akhir ini jumlah mereka semakin bertambah, selalu di atas angka 10 orang calon. Tiga tahun terakhir, 2018 berjumlah 11 orang, 2019 berjumlah 23 orang dan tahun 2020 berjumlah 26 orang. Para Novis kebanyakan berasal dari propinsi NTT, tetapi ada juga yang berasal dari daerah-daerah lain di Indonesia, seperti Jakarta dan Kalimantan.

Nama Anggota Komunitas Novisiat Redemptoris:

Magister: P. Marianus Dapa Talu, CSsR

Socius-Ekonom: P. Domisianus Erbing Wahyu, CSsR

Formator: Pater Petrus Faber Pattymangoe, CSsR

NOVISIAT C.Ss.R.
Biara Beato Gaspar Stanggassinger
Jl. Adhyaksa KM 6WAIKABUBAK 87203, Kotak Pos 218
Sumba Barat, NTT. Telp. (0387) 22250; 22342
Fax: (0387) 22355