Logo & Filosofi

MAKNA LOGO KONGREGASI

Logo Kongregasi terdiri dari salib dengan sebuah tombak dan bunga karang yang ditancapkan pada tiga bukit. Pada masing-masing sisi salib ada singkatan nama Yesus (IS) dan Maria (MA). Di atas salib ada sebuah mata yang memancarkan sinar; di atas semua ini ada sebuah mahkota. Di kaki logo ini ada tulisan motto: Copiosa Apud Eum Redemptio (Pada Dialah Penebusan berlimpah-limpah) (kutipan dari Mazmur 129,7)

Elemen-elemen dalam simbol ini mewakili karya Penebusan yang dibawa oleh Yesus Kristus yang akan diwartakan oleh Kongregasi di bawah perlindungan Maria. Itulah yang dimaksudkan dengan salib dan bukit serta tombak dan bunga karang, nama Yesus dan Maria serta motto.

Simbol mata dalam sebuah segitiga sama sisi merupakan simbol Trinitas. Karena segitiga sering tak nampak maka mata bisa diartikan sebagai kemurahan hati penuh rahmat dari Allah kepada kemanusiaan, sebuah penyelenggaraan ilahi. Mahkota merupakan mahkota kemuliaan yang merupakan karunia bagi mereka mereka yang memelihara panggilannya.

Itulah sebabnya Kongregasi ini memilih nama Sanctissimi Redemptoris (Holy Redeemer) yang berarti Penebus Maha Kudus dan disingkat Redemptoris.

Pemilihan motto: Copiosa Apud Eum Redemptio dari Mazmur 129, 7 oleh Alfonsus dimaksudkan untuk meyakinkan para pendosa akan kemurahan Allah yang tanpa batas. Orang-orang Yahudi yang karena dosa mereka dibuang ke Babilonia, mendoakan Mazmur ini dengan harapan agar diampuni dan dibebaskan.
Hal yang sama pun berlaku untuk kita. Karena darah Kristus kita ditebus oleh Allah yang mencintai kita tanpa batas. Melalui Yesus Kristus dalam karya penebusan, Allah menunjukkan kasih yang luar biasa bagi umat manusia dengan mengampuni dosa-dosa mereka dan menjadikan mereka anak-anak-Nya.