KOMUNITAS ST. YOH. NEUMANN, JAKARTA

KOMUNITAS ST. YOH. NEUMANN, JAKARTA

Alamat: Perumahan Taman Bougenville, Jln. Bougenville Raya Blok A3/6,

Bekasi – Jawa Barat 17214

  1. Personalia (per Agustus 2020)

Jumlah konfrater Redemptoris yang berkarya di Jakarta berdasarkan surat keputusan Dewan Propinsi dan tertuang dalam Directorium CSsR 2018:

  1. P. Stefanus Rehi Mete, CSsR
    Superior Komunitas Jakarta yang bertempat tinggal di Rumah Komunitas CSsR, Taman Bougenville
  2. P. Kunradus Badi Mukin, CSsR sebagai pastor paroki St Leo Agung yang bertempat tinggal di Pastoran gereja St. Leo Agung, Jatiwaringin.
  3. P. Agustinus Mela Balawala, CSsR sebagai pastor rekan paroki St Leo Agung yang bertempat tinggal di pastoran gereja St. Leo Agung.
  4. P. Robertus Ndajang, CSsR sebagai pastor kepala paroki St. Aloysius Gonzaga Cijantung yang bertempat tinggal di pastoran gereja Cijantung.
  5. P. Siefriedz S. Amtonis, CSsR sebagai pastor rekan paroki St. Aloysius Gonzaga Cijantung yang bertempat tinggal di pastoran gereja Cijantung.
  6. P. Handrianus Mone, CSsR, sejak tgl 15 Agustus 2020 purna tugas sebagai pastor kepala paroki St. Aloysius Gonzaga, Cijantung. Saat ini tinggal di rumah komunitas Redemptoris di Perumahan Taman Bougenvil (Jatibening), sambil mempersiapkan diri untuk tugas study ke Chicago – USA
  7. P. Oktovianus Babu, CSsR, sebagai pastor rekan paroki St. Yohanes Penginjil, Bengkulu – Keuskupan Agung Palembang
  8. P. Nikolaus Uran, CSsR – sebagai pastor Kaplan di Bengkulu.
  9. P. Antonius B. Ngandung, berkarya di Keuskupan Agung Palembang sebagai pastor Kaplan di paroki ….
  1. Program Kerja Dan Kegiatan
  1. Kebersamaan dalam Komunitas
  2. Kami menyadari bahwa melulu fokus pada karya tanpa mempedulikan kehidupan atau kebersamaan dalam komunitas tidaklah cukup. Atas kesadaran ini, kami telah mengusahakan dan mengatur pertemuan berkala sebagai komunitas. Pertemuan atau rekreasi mingguan dilakukan secara rutin dan superior komunitas bertanggungjawab untuk mempersiapkan tempat dan sarana pendukung dalam rekreasi dan obrolan persaudaraan. Pertemuan mingguan ini sudah berjalan cukup lancar dan para konfrater selalu berusaha untuk datang dan terlibat walau harus mengesampingkan berbagai kendala seperti kesibukan di paroki, macet dan jarak. Bahkan konfrater harus bisa mengatakan tidak atau menolak secara halus ketika ada permintaan pelayanan pada hari Minggu malam. Tentu dengan tetap melihat nilai kemendesakan atau urgensi. Pertemuan persaudaraan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk tetap saling meneguhkan dan menjaga semangat dalam hidup panggilan dan dalam karya pelayanan di medan tugas yang cukup kompleks di Keuspuan Agung Jakarta.
  3. Biasanya media group WA komunitas menjadi sarana untuk saling mengundang atau memberi informasi. Pertemuan berkala seperti rekoleksi, retret, piknik dan makan bersama, juga dilakukan.
  4. Perencanaannya sudah diatur dalam pertemuan awal tahun lengkap dengan pembagian tugas tanggungjawab. Rekoleksi komunitas disepakati untuk selalu diadakan di rumah komunitas Bogenville. Sedangkan pertemuan komunitas tiap hari Senin pertama dalam bulan diadakan bergiliran di tiga tempat: Bogenville, Pastoran Leo Agung dan Pastoran Cijantung.
  5. Selain itu, yang khusus dialami komunitas Jakarta adalah kedatangan tamu konfrater yang transit atau suatu keperluan di Jakarta. Prinsipnya, kami sangat ‘welcome’ kepada semua yang datang. Untuk itu, maka penting menyiapkan dan menata rumah dan fasilitas di Wisma komunitas agar para konfrater atau setiap sahabat yang berkunjung merasa disapa dengan baik dan gembira dalam Tuhan.
  • Semangat Dalam Karya
  • Mayoritas konfrater yang berkarya di Jakarta terlibat dalam pastoral parokial Keuskupan Agung Jakarta. Yaitu berkarya di paroki St Leo Agung, Jatiwaringin dan paroki St Aloysius Gonzaga, Cijantung. Dalam beberapa sharing dan pengalaman yang dialami, semua kegiatan konfrater sangat terikat dan sangat memperhatikan reksa pastoral Keuskupan Jakarta.
  • Dari karya-karya para konfrater, banyak mendapat kesan yang baik dan positif di tengah umat. Ada sesuatu yang khusus di 2 paroki: kunjungan rutin kepada keluarga dan novena MBSM. Hal ini tidak jauh dari semangat pastoral yang dibangun oleh Keuskupan Agung Jakarta yaitu semangat pelayanan Pastoral Gembala Baik dan Murah Hati serta Pelayanan yang Tulus dan Rendah Hati. Selain tentu juga sesuai dengan semangat yang diwariskan oleh bapak pendiri: St. Alfonsus Maria de Liguori.
  • Secara langsung atau tidak, para konfrater telah berupaya mengalirkan semangat dan kekhasan Redemptoris. Terutama melalui kotbah atau renungan, melalui pelayanan sakramen tobat, melalui devosi Maria Bunda Selalu Menolong, melalui devosi kepada Sakramen Maha Kudus, melalui kunjungan dan sapaan kepada umat serta berbagai berjumpaan lain dengan umat Allah yang membuat mereka merasakan bahwa ada sesuatu yang khas yang ditampilkan oleh para Redemptoris.

Dengan cara itulah, kami berupaya sungguh dapat menghadirkan kasih Kristus Sang Penebus berdasarkan spiritualitas Redemptoris. Semoga rahmat dan berkat boleh mengalir berlimpah bagi umat, para sahabat dan penderma yang dengan setia mendukung karya dan misi perutusan di tengah dunia ini.

  • Pastoral Kategorial dan Lintas Paroki

Patut diketahui bahwa permintaan pelayanan sakramen di wilayah keuskupan agung Jakarta sangat tinggi. Antara lain permintaan misa dengan berbagai intensi, seperti misa requiem (dan peringatan arwah), misa syukur keluarga dengan berbagai alasan, pemberkatan rumah, misa perkawinan, misa jumat pertama, permintaan untuk pimpin rekoleksi atau retret serta berbagai kegiatan kategorial dan lain sebagainya.

Pengalaman yang terjadi, bahwa para konfrater dalam berbagai pelayanan sakramen yang dilakukan, mendapat peluang untuk membangun relasi dengan banyak umat dari berbagai wilayah. Perlu disyukuri dalam relasi atau perjumpaan itu, terjalin relasi timbal balik yang saling mendukung, meneguhkan dan menguatkan. Di samping secara rohani, karena bagaimanapun sebagai imam Tuhan, kesaksian hidup dan iman umat menjadi pula bagi kami api yang membakar semangat dan dukungan untuk terus setia di jalan panggilan ini. Selain itu pula tak sedikit pula di antara umat yang secara lebih dekat dan mendalam menjadi pendukung terutama di bidang finansial sebagai donator – baik sebagai donator berkala maupun sebagai donator tetap. Itu semua amat berarti untuk menunjang kehidupan dan misi propinsi kita. Bagaimanapun itu patut terus disyukuri sebagai buah dari cara Tuhan memelihara para pekerja di kebun anggur-Nya. Maka, hal yang pasti adalah dalam setiap doa dan perayaan ekaristi, terutama dalam komunitas mereka tak pernah dilupakan dalam doa-doa yang tulus!

Selain membangun relasi dengan banyak umat Allah yang tersebar di berbagai tempat di wilayah keukupan agung Jakarta, para konfrater sangat menyadari untuk menunjukkan eksistensi Redemptorist sebagai ordo yang secara resmi diterima berkarya di KAJ. Karena itu, kami senantiasa berusaha untuk terlibat dalam berbagai kegiatan para imam atau biarawan/I tingkat keuskupan dan dekenat. Ada beberapa kegiatan tingkat keuskupan dan dekenat yang rutin dilakukan seperti pertemuan pastores dan pertemuan dekenat. Demikian juga setiap tahun diadakan introducing pastoral, temu pastoral dan retret imam.

Berdasarkan pengalaman, dengan mengikuti berbagai macam agenda keuskupan dan dekenat, kita semakin mengenal dan dikenal oleh rekan-rekan imam dan biarawan/i.

Semoga dalam kasih Tuhan, doa Bunda Maria Selalu Menolong dan doa St. Alfonsus, kita diteguhkan menjadi pembawa kabar gembira penebusan bagi semakin banyak saudara. Tuhan memberkati!

Superior Komunitas St. Yohanes Nepoumuk Neuman – Jakarta

P. Stefanus Rehi Mete, CSsR