…Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia” (Mrk 9:7)

            Kehadiran anak-anak misioner sebagai tunas muda Gereja adalah berkat yang patut disyukuri. Dengan segala rasa ingin tahu yang besar, kegembiraan, keceriaan dan semangat yang mereka miliki, telah menjadi anugerah pertama bagi Gereja dalam menumbuhkembangkan pengenalan dan kecintaan mereka terhadap Kristus, Sang Penebus. Mereka menjadi tanda sekaligus harapan bagi masa depan Gereja. Harapan itu sekiranya semakin dihayati dalam pengajaran, bimbingan dan arahan yang diberikan kepada mereka.

            Semakin disadari bahwa tawaran dan gemerlapan kemajuan dunia telah menghadirkan peluang sekaligus tantangan yang cukup besar. Tantangannya tidak lain bahwa tunas muda Gereja terancam jatuh pada tanah yang berbatu, terhimpit semak duri dan tertindas bebatuan dunia. Kendati demikian, Gereja terus berupaya agar benih-benih Gereja itu jatuh pada tanah yang baik; dan setiap kita diserahi tugas untuk merawat, menyemaikan benih-benih iman kepada mereka, sembari itu kita terus mengharapkan pertumbuhan dan kesuburan dari Allah. Kiranya semangat ini, selaras pula dengan pesan prapaskah 2021 oleh Paus Fransiskus:” Kita Bertumbuh dalam Iman yang Teguh, Pengharapan yang Hidup dan Kasih yang Penuh Daya.” Meski dalam situasi pandemi, keutamaan teologal (iman, harapan dan kasih) ini kiranya terus tertanam dalam diri anak-anak misioner melalui segala dinamika katekese iman yang terjadi.

            Dalam masa Prapasah pekan II kali ini, para frater Redemptoris menghadirkan WSP BIAV (Bina Iman Anak Virtual) dengan tema “Mari Memuliakan Tuhan.” Tema ini tentunya  tidak terlepas dari bacaan Injil hari ini –Yesus dimuliakan di atas gunung. Kemuliaan Yesus disaksikan oleh ketiga murid-Nya; Petrus, Yakobus dan Yohanes. Ketakjuban akan kemuliaan Yesus membuat mereka semakin tergerak untuk menjadi pengikut Yesus yang  baik dan setia. “…inilah Anak-Ku yang Kukasihi, dengarkanlah Dia”(Mrk 9:7) Anak-anak misioner dipanggil untuk terus memuliakan Tuhan dengan mendengarkan dan melakukan segala perintah yang telah disabdakan oleh Tuhan Yesus. Semoga dari katekese BIAV ini dapat memberikan kegembiraan dan pelajaran iman yang berharga bagi anak-anak misioner di mana saja berada.

Salam Sang Penebus !

Semangat, Gembira dan Suka Cita.

Kontributor: Fr. Agustinus Poety Peumma, CSsR