Ikon atau Gambar Maria Bunda Selalu Menolong (Mother of Perpetual Help berasal dari Pulau Kreta Yunani abad ke-14. Pada tahun 1866 Ikon ini diserahkan kepada Kongregasi Redemptoris oleh Paus Pius IX, dengan pesan: Make Her Known.

Tahun 1957 Kongregasi Redemptoris memasuki Pulau Sumba. Tradisi Novena mulai berkembang di setiap paroki dan keluarga. Tahun 2016 perayaan 150 tahun Ikon MBSM diserahkan oleh Paus Pius IX. Tahun 2017 diadakan ziarah panjang di seluruh Sumba dengan Ikon Maria ini. Melihat antusiasme dan cinta umat kepada Maria Bunda Selalu Menolong, muncullah ide membangun sebuah Gereja Novena di Sumba, tepatnya di Waitabula, Sumba Barat Daya, NTT.

Peletakan batu pertama pondasi dimulai pada tanggal 8 Agustus 2019. Desember 2019 pondasi sudah selesai. Biaya yang dihabiskan untuk pondasi senilai 1.7 Milyar rupiah. Sekarang memasuki tahap kedua, pembuatan dan pemasangan rangka baja senilai 4 Milyar rupiah. Saat ini sedang dalam proses pemasangan rangka baja. Atap akan memakan biaya 600 juta. Diperkirakan akhir tahun ini sudah bisa berdiri. Total biaya untuk seluruh proses pembangunan ini sampai selesai senilai 9 Milyar rupiah.

Kalau semua rencana dan biaya tercukupi maka akhir tahun 2022 Gereja Novena sudah bisa dipakai. Pengembangan tradisi Novena ini dalam kerjasama dengan Redemptoris di Novena Church Singapura dan National Shrine-Novena Church Baclaran Manila. Bunda Maria, doakan kami.

Bagi yang mempunyai sedikit rejeki, kami mohon disumbangkan melalui rekening ini:

NAMA: KONGGREGASI CSSR

NO. REK: 2073074075

BANK BNI (BNINIDJAKPA)

Salam kasih Kristus. Bunda Maria mendoakan kita. (P. Kimy Ndelo CSsR-Propinsial Redemptoris Indonesia)